Pages

BELAJAR DAN EVALUASI


Belajar. Ya, belajar ! setiap orang pasti pernah belajar dan setiap orang memang perlu belajar. Karena dengan belajar orang menjadi tahu apa yang sebelumnya belum diketahui. Dulu saat kita masih kecil, kita tak pernah tahu bagaimana cara memakai baju. Setiap pagi ketika kita bersiap-siap untuk berangkat ke taman kanak-kanak, ibu kita dengan tlaten mamakaikan baju untuk kita, tidak hanya itu, ibu kita juga menyisir rambut kita agar rapi, memakaikan sepatu kita dan seterusnya dan seterusnya. Dari situlah lama kelamaan kita menjadi tahu bagaimana caranya memakai baju, menyisir rambut agar rapi, dan memakai sepatu yang benar. Contoh kecil tadi tak lain merupakan sebuah proses dalam kita mempelajari sesuatu. Dari hal-hal terkecil sampai yang besar, orang selalu belajar, belajar kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja.


Yang akhirnya menjadi ironis adalah orang sering kali tidak menyadari bahwa dirinya sedang belajar, apa yang akan terjadi ? yang terjadi adalah kurangnya analisis kita terhadap hal yang sedang atau baru kita kerjakan. Sebenarnya dalam setiap aktivitasnya kita selalu belajar,belajar, dan belajar lagi. Tapi apa kita menyadari itu ? kita sendiri yang tahu. Karena kita tak menyadari bahwa kita sedang belajar, akhirnya ya...itu tadi, kurangnya analisis kita terhadap aktivitas yang baru saja kita laksanakan, setelah pekerjaan selesai, ya selesai juga kita berpikir. Tak ada keberlanjutan lagi yang sebenarnya penting kita segera lakukan. Apa itu ? evaluasi !

Evaluasi akan menjadi sesuatu hal yang sangat vital jika kita sadar bahwa kita selalu belajar dalam setiap gerakan kita. Karena belajar membutuhkan evaluasi yang dijadikan sebagai media ukur sampai sejauh mana hasil belajar kita, dan juga dijadikan sabagai tolok ukur apakah target yang kita kejar dalam pekerjaan kita telah tercapai atau belum. Target, target sendiri tidak dengan sendirinya ada, melainkan dengan didahului oleh kesadaran itu tadi, kesadaran bahwa kita selalu dalam keadaan belajar. Jika kita tidak sadar, bagaimana mungkin kita pasang target ? ya ga mungkin lah, lhawong kita melakukan sebuah pekerjaan itu hanya tinggal melakukan saja, seperti air mengalir, ga ada planning yang jelas apa yang harus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini. apa saja. monggo.